Tugas AO No.7

Output :

a5

Source Code :

b5

 

 

c5

#include<stdio.h> berfungsi sebagai library yang berfungsi untuk input output, dimana input dan output tersebut berasal dari library stdio.h.

 

d5

Baris ini berfungsi untuk menunjukkan fungsi program dengan kata main dan diakhiri dengan (). Tanda kurung kurawal berfungsi  sebagai tanda dari awal suatu fungsi.

 

e5

Baris ini menunjukkan bahwa variabel  yang akan digunakan adalah angka, i, j,  x, dan y.

 

f5

Baris ini berfungsi untuk men-scan input yang kita berikan pada saat program dijalankan, scanf ini menggunakan “%d”, karena pada baris sebelumnya kita menggunakan tipe data integer(int). &angka berarti bahwa input yang kita masukkan nanti akan berfungsi sebagai nilai dari variabel angka.

 

g5

fflush(stdin) berfungsi untuk menghilangkan buffer input agar tidak penuh.

 

h5

for pertama menentukan jumlah baris yang ditampilkan natinya. Jumlah baris sama dengan angka yang dimasukkan. Selanjutnya dinyatakan bahwa nilai x=1 dan y=1, dan kemudian menampilkan nilai y melalui perintah printf().

 

i5

Pada for kedua menampilkan jumlah deret angka atau kolom yang ditampilkan. Jika kondisi terpenuhi, maka akan ditampilkan nilai dari variabel x. Kemudian nilai x akan berubah menjadi x+y dan nilai y akan berubah menjadi x-y.

 

j5

printf() menampilkan teks yang berada dalam tanda petik, yaitu “\n”, yang berarti untuk melakukan “enter” pada program sebelum terjadinya looping oleh for pertama. Tutup kurung kurawal menandakan akhir dari fungsi for pertama, kemudian akan terjadi looping pada fungsi for pertama yang kemudian dilanjutkan fungsi for kedua lagi hingga kondisi pada fungsi for pertama sudah tidak berlaku lagi.

 

k5

return0 berfungsi untuk mengembalikan nilai dari suatu integer dimana dalam hal ini merupakan int main(). Tutup kurung kurawal adalah penutup dari int main().

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *