Tugas AO No.8

Output :

a6

Source Code :

ba6

bb6

bc6

Output yang dihasilkan berupa deretan bilangan prima yang berbentuk segitiga dengan rata kanan.

 

 

c6

#include<stdio.h> berfungsi sebagai library yang berfungsi untuk input output, dimana input dan output tersebut berasal dari library stdio.h.

 

d6

Baris ini berfungsi untuk menunjukkan fungsi program dengan kata main dan diakhiri dengan (). Tanda kurung kurawal berfungsi  sebagai tanda dari awal suatu fungsi.

 

e6

Baris ini menunjukkan bahwa variabel  yang akan digunakan adalah angka, i, j, k, p[1000], x, dan y.

p[1000] menandakan penggunaan array dengan ukuran 1000.

 

f6

Baris ini berfungsi untuk men-scan input yang kita berikan pada saat program dijalankan, scanf ini menggunakan “%d”, karena pada baris sebelumnya kita menggunakan tipe data integer(int). &angka berarti bahwa input yang kita masukkan nanti akan berfungsi sebagai nilai dari variabel angka.

 

g6

fflush(stdin) berfungsi untuk menghilangkan buffer input agar tidak penuh.

 

h6

p[0]=2 menandakan bahwa nilai p yang ke-0 adalah 2. j=2 menandakan bahwa nilai variabel j adalah 2.

 

i6

Fungsi for yang pertama adalah sebagai batas jumlah bilangan prima yang dicari untuk dimasukkan ke dalam array p[].

 

j6

Fungsi if di atas adalah untuk menentukan bahwa bila suatu bilangan dibagi oleh 2 akan atau habis atau tidak. Jika habis, maka bilangan tersebut bernilai 0, sedangkan jika tdiak habis maka bilangan tersebut bernilai 1. Jika bilangan bernilai 1 maka k=0 dan akan dilanjutkan oleh fungsi for kedua.

 

k6

Fungsi for kedua ini berfungsi untuk mencari bilangan prima. Jika kondisi terpenuhi, maka akan dilanjutkan oleh fungsi if yang berfungsi untuk menentukan jika nilai j habis dibagi oleh l atau tidak. Jika habis dibagi, maka nilai variabel k akan bertambah 1. Kemudian dilakukan perulangan hingga kondisi l<=j sudah tidak berlaku lagi.

Jika looping sudah selesai, maka akan dilanjutkan fungsi if yang bersyaratkan bahwa nilai k harus sama dengan 2. Jika nilai k = 2, maka p ke-(i-1) akan bernilai j. Kemudian nilai iakan bertambah 1.

 

l6

Kemudian fungsi if yang sebelumnya akan ditutup dan nilai j akan bertambah 1. Setelah itu akan terjadi looping oleh fungsi for yang pertama hingga kondisinya sudah tidak terpenuhi lagi.

 

m6

Fungsi for ketiga ini berfungsi untuk menentukan jumlah baris yang akan  ditampilkan nantinya. Jumlah baris yang ditampilkan sesuai dengan angka yang kita masukkan.

 

n6

Fungsi for keempat berfungsi untuk menampilkan spasi sehingga pada saat ditampilkan, maka susunan bilangan prima akan terlihat seperti rata kanan.

 

o6

Fungsi for terakhir ini merupakan fungsi for yang menampilkan bilangan prima yang telah ditentukan sebelumya dengan jumlah yang sama dengan nilai x. Bilangan yang ditampilkan berurutan sesuai denganururtan dari 0 hingga (z-1).

 

p6

Setelah semua kondisi fungsi for sebelumnya telah tidak sesuai, maka akan dilanjutkan dengan “enter” yang kemudian akan dilanjutkan lagi dengan looping dari fungsi for ketiga sebelumnya hingga kondisi tidak sesuai lagi

 

q6

return0 berfungsi untuk mengembalikan nilai dari suatu integer dimana dalam hal ini merupakan int main(). Tutup kurung kurawal adalah penutup dari int main().

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *