Tugas AO No.5

Output :

a3

Source Code :

b3

Pada kali ini, output yang dihasilkan berupa bentuk kotak dimana bagian tengah kotak tersebut kosong. Tinggi dan lebar kotak sesuai dengan angka yang kita masukkan.

 

 

c3

#include<stdio.h> berfungsi sebagai library yang berfungsi untuk input output, dimana input dan output tersebut berasal dari library stdio.h.

 

d3

Baris ini berfungsi untuk menunjukkan fungsi program dengan kata main dan diakhiri dengan (). Tanda kurung kurawal berfungsi  sebagai tanda dari awal suatu fungsi.

 

e3

Baris ini menunjukkan bahwa variabel  yang akan digunakan adalah angka, i, j, dan k.

 

f3

Baris ini berfungsi untuk men-scan input yang kita berikan pada saat program dijalankan, scanf ini menggunakan “%d”, karena pada baris sebelumnya kita menggunakan tipe data integer(int). &angka berarti bahwa input yang kita masukkan nanti akan berfungsi sebagai nilai dari variabel angka.

 

g3

fflush(stdin) berfungsi untuk menghilangkan buffer input agar tidak penuh.

 

h3

Seperti ayng sebelumnya, fungsi for pertama adalah unntuk menentukan jumlah baris yang akan ditampilkan. Jumlah baris sama dengan angka yang kita masukkan.

 

i3

Fungsi for kedua adalah untuk menentukan jumlah kolom atau deret ke arah kanan yang akan ditampilkan.

 

j3

Fungsi if digunakan untuk menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, jika pernyataan benar, maka akan dilakukan perintah yang ada di dalam kurung kurawal di bawah fungsi if. Jika pernyataan tersebut salah, maka akan dilakukan perintah yang berada di dalam kurung kurawal yang berada di bawah else. Karena terdapat 4 syarat dan dibatasi dengan tanda atau, maka jika salah satu pernyataan benar, maka semua pernyataan dianggap benar, dan perintah akan dilaksanakan yaitu menampilkan tanda “* “. Jika semua pernyataan salah, maka akan ditampilkan “  “.

Dalam hal ini saya menggunakan spasi setelah bintang dan 2 spasi pada bagian else agar memberi jarak antara tanda bintang sehingga terlihat seperti persegi.

 

k3

printf() menampilkan teks yang berada dalam tanda petik, yaitu “\n”, yang berarti untuk melakukan “enter” pada program sebelum terjadinya looping oleh for pertama. Tutup kurung kurawal pertama merupakan penutup dari fungsi for kedua, dan tutup kurung kurawal kedua menandakan akhir dari fungsi for pertama, kemudian akan terjadi looping pada fungsi for pertama yang kemudian dilanjutkan fungsi for kedua lagi hingga kondisi pada fungsi for pertama sudah tidak berlaku lagi.

 

l3

return0 berfungsi untuk mengembalikan nilai dari suatu integer dimana dalam hal ini merupakan int main(). Tutup kurung kurawal adalah penutup dari int main().

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *